Author Guidelines

Author Guidelines

Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (JDEP) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Program Studi Ekonomi Pembangunan. JDEP diterbitkan dalam bentuk elektronik sejak tahun 2018 dengan eISSN 2614-2546. JDEP menerbitkan naskah artikel dua kali dalam setahun, berisikan artikel mengenai isu-isu terkini Ekonomi dan bisnis secara keseluruhan. Naskah merupakan hasil penelitian atau riset dalam spesifikasi topik ekonomi perencanaan, ekonomi publik, ekonomi internasional dan perdagangan, ekonomi pembangunan, ekonomi moneter dan ekonomi regional serta topik lainnya yang berkaitan dengan perekonomian baik nasional maupun global dengan mengacu pada standar dan prosedur penelitian ilmiah yang ditetapkan dewan redaksi untuk publikasi. Naskah artikel bisa berasal dari para peneliti, akademisi, praktisi, dosen, mahasiswa dan pemerhati bidang akuntansi lainnya yang tertarik dalam penelitian dibidang akuntansi.

  • Naskah artikel yang dikirimkan berisi karya orisinal, memiliki kebaruan, memberikan kontribusi ilmiah tinggi dan dijamin keasliannya oleh penulis.
  • Naskah artikel yang dikirimkan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya di jurnal, prosiding lain dan atau media publikasi lainya.
  • Naskah artikel merupakan hasil penelitian melalui pendekatan kuantitatif, kualitatif dan atau Mix Method
  • Memberikan sumbangan baik secara teoritis dan praktis terhadap perkembangan IPTEK diukur dari kebaruan temuan/gagasan/hasil pemikiran dengan mengutamakan pada kemutakhiran sumber pustaka primer yang diacu dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.
  • Naskah artikel berupa hasil penelitian dengan pendekatan kuantitatif secara empiris atau dengan pendekatan kualitatif atau kajian teoritis dan hasil pemikiran konseptual dengan mencantumkan proposisi, argumen, dan rencana penelitian untuk pembuktian proposisi tersebut.
  • Pelaksanaan pada proses review oleh dewan redaksi dilaksanakan secara bertahap dari sekretariat, editor pelaksana dan editor ahli. Selain itu pelaksanaan review dilakukan secara blind-review dengan peer group system dengan komposisi 2 orang dari pihak ekternal dan 1 orang dari pihak internal, dan diperkuat oleh para mitra bestari yang berkualifikasi dibidangnya.
  • Artikel ditulis dalam kaidah atau gaya selingkung yang ditetapkan dan dewan redaksi editorial berhak merevisi gaya selingkung dengan catatan tidak merubah maksud dan kualitas artikel.
  • Kuesioner dan instrumen lain. Naskah artikel yang menggunakan penelitian dengan data primer atau eksperimen harus menyertakan juga kuesioner yang digunakan.
  • Penulis wajib mengirimkan tambahan lampiran dalam bentuk hasil olah data serta file tabel dan gambar asli yang diunggah (upload) ke online (Open Journal Sistem/OJS) Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (http://jdep.upnjatim.ac.id/index.php/jdep) dan atau dikirimkan ke sekretariat dewan redaksi jurnal
  • Penilaian hasil akhir terhadap naskah artikel merujuk pada Pedoman Publikasi Ilmiah yang diterbitkan oleh Direktorat Pengayaan Kekayaan Intelektual Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2017 dapat dikategorikan menjadi 5 klasifikasi yaitu dapat berupa:
  1. Accept without any changes (acceptance): jurnal akan mempublikasikan naskah tanpa perubahan
  1. Accept with minor revisions (acceptance): jurnal akan mempublikasikan naskah dan meminta penulis untuk melakukan perbaikan kecil;
  1. Accept after major revisions (conditional acceptance): jurnal akan mempublikasikan naskah apabila penulis memperbaiki naskah sesuai dengan saran mitra bestari atau editor;
  1. Revise and resubmit (conditional rejection): jurnal masih berkeinginan untuk mempertimbangkan kembali naskah setelah penulis melakukan revisi besar (major).
  1. Reject the paper (outright rejection): jurnal tidak akan mempublikasikan naskah tersebut walaupun penulis akan melakukan revisi total.

 

  1. PEDOMAN PENULISAN
  1. SISTEMATIKA PENULISAN
  • Sistematika penulisan untuk artikel dengan pendekatan kuantitatif terdiri dari bagian awal yaitu: judul; identitas penulis (tanpa gelar); abstrak; kata kunci; alamat korespondesi, alamat email dan bagian utama yaitu: pendahuluan (tanpa sub-bagian), kajian literatur, metode penelitian; hasil dan pembahasan; simpulan dan saran serta daftar pustaka.
  • Sistematika penulisan untuk artikel dengan pendekatan kualitatif terdiri dari bagian awal yaitu: judul; identitas penulis (tanpa gelar); abstrak; kata kunci; alamat korespondesi, alamat email dan bagian utama yaitu : pendahuluan (tanpa sub-bagian); kajian literatur, metode penelitian, hasil dan pembahasan (proposisi, argumen dan rencana penelitian); simpulan dan daftar pustaka.
  1. NASKAH ARTIKEL
  2. Naskah artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baku.
  3. Isi naskah artikel diketik 1 spasi.
  4. Naskah artikel ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12pt dan inden untuk paragraf adalah 1cm.
  5. Ukuran bidang tulisan mengggunakan kertas naskah artikel A4 (210 x 297 mm), bentuk format dua kolom.
  6. Seting halaman dengan mengacu pada bentuk format 2 kolom dengan equal with coloumn dan jarak antar kolom 5 mm, dengan page setup: margin atas 2,5cm; bawah 2,5 cm; kiri 2,25cm dan kanan 2,25cm.
  7. Ukuran font naskah artikel untuk sub-bagian dalam artikel adalah Times New Roman 12pt, dengan huruf kapital di setiap awal kata, cetak tebal, dan rata kiri serta tidak menggunakan penomoran (bullet dan numbering).
  8. Naskah artikel ditulis dengan panjang naskah sekitar 8–15 halaman
  9. Penulisan tabel pada naskah artikel. Setiap tabel pada naskah artikel dilengkapi dengan sumber tahun pengolahan data penelitian.
  10. Setiap sub judul ditulis dengan huruf Times New Roman font 11 dan dicetak tebal (bold).
  11. Alinea baru ditulis menjorok dengan indent-first line 0,75 cm, antar alinea tidak diberi spasi.
  12. Kata asing ditulis dengan huruf miring.
  13. Semua bilangan ditulis dengan angka, kecuali pada awal kalimat dan bilangan bulat yang kurang dari sepuluh harus dieja.
  14. Tabel dan gambar harus diberi keterangan yang jelas, dan diberi nomor urut.
  1. JUDUL

Secara umum judul dalam penulisan artikel dibuat menarik, singkat dan mampu menggambarkan keseluruhan isi artikel. Selain itu judul dapat dipahami secara komprehensif dan dibuat lugas, spesifik, efektif dan informatif. Sedangkan secara khusus judul harus memuat hal-hal berikut :

  • Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Setting halaman dalam judul dengan mengacu pada bentuk format 1 kolom.
  • Judul dicetak dengan huruf besar/kapital, dicetak tebal (bold)
  • Judul ditulis dengan jenis huruf Times NewRoman font 15
  • Judul ditulis dengan spasi tunggal
  • Jumlah kata dalam penulisan judul maksimum antara 12 sampai 15 kata.
  • Judul ditulis dengan huruf kapital setiap awal kata, cetak tebal, dan rata tengah.
  1. IDENTITAS PENULIS/BARISAN KEPEMILIKAN PENULIS

Secara umum identitas penulis/barisan kepemilikan penulis merupakan bagian terpadu suatu artikel, dan merujuk pada hak kepengarangannya (authorship, berada di tangan penulisnya), dan hak kepemilikannya (ownership, kepunyaan lembaga). Dalam kaitan ini harus disadari bahwa pemegang hak cipta (copyright holder) atau hak untuk memperbanyak dan menyebarluaskan (serta menjual). Secara umum Identitas penulis/barisan kepemilikan penulis memuat nama dan lembaga penulis, yang menunjukkan kepemilikan atas naskah artikel tersebut. Sedangkan secara khusus identitas penulis/barisan kepemilikan penulis memuat hal-hal berikut :

  • Pencantuman nama dan lembaga penulis ditulis secara lengkap dan jelas yang ditempatkan di bagian setelah penulisan judul dan diawali dengan huruf kapital.
  • Identitas penulis berisi nama penulis tanpa tanpa gelar.
  • Asal instansi lembaga berisi nama Jurusan, Program Studi, Fakultas, Universitas, Kota dan Negara.
  • Pengisian nama penulis menggunakan huruf Times New Roman 12pt, dengan huruf kapital di setiap awal kata, cetak tebal, dan rata tengah.
  • Seting halaman dalam identitas penulis dengan mengacu pada bentuk format 1 kolom.
  • Alamat korespondensi. Alamat korespondensi bersisi alamat rumah atau kantor dan email penulis
  • Alamat korespondensi ditulis secara lengkap untuk keperluan korespondensi.
  • Penulisan alamat korespondensi menggunakan huruf Times New Roman 10pt, dengan huruf kapital di setiap awal kata, tanpa cetak tebal, dan rata tengah.
  1. ABSTRAK

Secara umum abstrak (Abstract) merupakan ulasan singkat mengenai alasan penelitian dilakukan, pendekatan atau metode yang dipilih, hasil-hasil penting, dan simpulan utama. Abstrak ditempatkan pada bagian awal artikel di bawah judul dan baris kepemilikan. Abstrak biasanya ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Bagian yang berupa ringkasan ini umumnya dikutip oleh lembaga pelayanan abstrak., pada jurnal tertentu abstrak harus terdiri atas beberapa paragraf dan terstruktur. Harus dipastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, dan ungkapan dalam bahasa yang digunakan. Abstrak mengandung masalah pokok dan/atau tujuan penelitian, serta menunjukkan pendekatan atau metode yang dipakai untuk memecahkannya, dan menyuguhkan temuan penting, simpulan, serta implikasi hasil penelitian.Sedangkan secara khusus abstrak (Abstract) diuraikan sebagai berikut :

  • Abstrak artikel ditulis ditulis dengan jelas dan ringkas.
  • Abstrak ditulis dengan mengacu standar 1 spasi
  • Abstrak ditulis antara 100-200 kata, dicetak miring dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak Bahasa Inggris ditulis lebih dahulu baru kemudian abstrak Bahasa Indonesia. Abstrak tidak berupa ringkasan yang terdiri dari beberapa paragraf. Isi abstrak meliputi tujuan penelitian, data/objek penelitian, metode, hasil atau simpulan.
  • Kata abstract dicetak tebal (bold).
  • Jenis huruf abstract adalah Times New Roman font 11, disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikandalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat.

 

  1. KATA KUNCI/KEYWORDS

Secara umum kata kunci /keywords dalam artikel merupakan sepilihan kata-kata bermakna dari sebuah dokumen yang dapat dipakai untuk mengindeks kandungan isinya. Jumlah kata kunci /keywords yang disajikan umumnya terdiri atas 3–8 kata (yang dapat disusun dalam frase pendek). Kata-katanya sering dipilih dengan tidak mengulang judul, diperbolehkan menggunakan kata yang sama sekali tidak muncul dalam keseluruhan artikel. Secara khusus kata kunci /keywords diuraikan sebagai berikut :

  • Kata kunci atau keywords, pada penulisan kata kunci atau keywords menggunakan kata kunci yang konsisten dan mencerminkan konsep penting dalam artikel
  • Penulisan kata kunci atau keywords menyesuaikan dengan bahasa dalam artikel.
  • Kata kunci atau keywords ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kata kunci dipilih dengan cermat, tepat dan mampu mencerminkan konsep/variabel yang dikandung dalam artikel, dengan jumlah antara tiga sampai enam kata kunci.
  • Keywords yang terdiri atas 3-8 kata yang menjadi inti dari uraian abstraksi.Kata Keywords dicetak tebal (bold).

 

  1. PENDAHULUAN

Secara umum pendahuluan berisi perkembangan penelitian terdahulu (state of the art) untuk membandingkan dengan penelitian yang dilakukan saat ini sehingga tampil kesenjangan antara teori atau hasil penelitian terdahulu dengan keadaan saat ini atau yang diharapkan. Kemudia, akan jelas kontribusi dari penelitian yang dihasilkan. Pendahuluan meumuskan dengan jelas masalah penelitian yang akan diselesaikan. Bagian pendahuluan dapat diakhiri dengan satu atau sejumlah pertanyaan penelitian dan diakhiri dengan pernyataan tujuan penelitian. Untuk menunjukkan kemungkinan kesenjangan atau perbedaan antara temuan penelitian yang berbeda mengenai topik yang sama sehingga jelas bagaimana penelitiaan saat ini berkontribusi pada iptek, penulis atau peneliti memulainya dengan mengkaji pustaka terkini dan menyintesis permasalahannya. Kemduian gambaran pengakuan atas penelitian terdahulu sangat penting untuk mendukung gagasan dan argumentasi penulis. Untuk menulis paragraf yang anggun, jangan mengutip pustaka sebagai kalimat pertama, ungkapkan pikiran atau gagasan Anda sebagai kalimat topik, yakni kalimat pertama dalam paragraf. Secara khusus penyajian pendahuluan yaitu :

  • Pendahuluan ditulis dalam bentuk paragraf mengalir.
  • Pendahuluan berisi latar belakang masalah, pendahuluan berisi motivasi penelitian dan tujuan penelitian.

 

  1. KAJIAN LITERATUR
  • Kajian literatur ditulis dalam bentuk paragraf mengalir.
  • Kajian literatur berisi referensi yang erat hubungannya dengan penelitian/tulisan, dan tujuan penelitian/penulisan jika dianggap perlu (tanpa sub-bab).

 

  1. METODE PENELITIAN

Secara umum metode penelitian menggambarkan apa yang telah dilakukan peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian. Metode kuantitatif memiliki tujuan akhir untuk verifikasi teori, percaya pada satu kebenaran saja, sementara metode kualitatif memiliki tujuan akhir untuk teori yang menghasilkan, percaya pada banyak kebenaran berdasarkan kaidah-kaidah ilmiah. Secara khusus metode penelitian dengan menguraiakn hal-hal berikut ini:

  • Metode penelitian ditulis dalam bentuk paragraf mengalir
  • Metode Penelitian berisi desain penelitian yang digunakan (metode, jenis data, sumber data, teknik pengumpulan data, teknik analisis data, pengukuran variabel).

 

  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

Secara umum hasil dan pembahasan terdiri dari hasil dan pembahasan. Hasil berisi tentang inti dari suatu artikel yang menyajikan data hasil penelitian yang ditemukan dan disusun dalam ilustrasi (tabel, gambar, foto, denah, atau diagram), Penulis bisa menyaikan hasil dengan sederhana dan jelas; laporkan data perwakilan dan bukan data mentah. Data yang ekstensif dengan banyak ulangan dapat disederhanakan dengan cara statistik menggunakan galat baku (standard error) atau simpangan baku (standard deviation). Penulis juga harus mampu membacakan makna data kepada pembaca artikel melalui teks yang lugas, tidak dengan menyalin ulang data dalam ilustrasi. Rujuklah ilustrasi mana yang relevan dengan uraian Anda itu, termasuk data negatif apa yang tidak ditemukan, jika hal itu memengaruhi penafsiran hasil. Jika tidak, data negatif dihilangkan agar tidak membingungkan.

Sedangkan pembahasan berisi penjelasan apa arti hasil dan implikasinya untuk kajian di masa depan, tidak mengulangi apa yang telah dipaparkan dalam kajian pustaka atau hasil. Penulis bisa menghubungkan hasilnya dengan pertanyaan yang diajukan di bagian pendahuluan. Lebih dari 1 tujuan penelitian, urutkan secara kronologis di Pembahasan. Tunjukkan bagaimana Anda menafsir informasi yang terkupul selama penyelidikan, bagaimana hubungan antara fakta yang teramati selama penyelidikan ini dengan teori atau kajian terdahulu. Apakah setuju atau bahkan memiliki pendapat berbeda dengan karya yang terbit sebelumnya. Membahas implikasi teoretis dan praktis dari temuan Anda  dapat  dikemukakan  di  bagian  Kesimpulan,  dengan  buktinya  masing-masing. Secara khusus hasil dan pembahan diuraiakn sebagi berikut :

  • Hasil dan pembahasan ditulis dalam bentuk paragraf mengalir.
  • Hasil dan Pembahasan berisi hasil penelitian empiris atau kajian teoritis yang ditulis dengan sistematis, analisis yang kritis, dan informatif. Penggunaan tabel, gambar dsb hanya sebagai pendukung yang memperjelas pembahasan dan dibatasi hanya pada pendukung yang benar-benar substantial, misalnya tabel hasil pengujian statistik, gambar hasil pengujian model dsb. Pembahasan hasil bersifat argumentatif menyangkut relevansi antara hasil, teori, penelitian terdahulu dan fakta empiris yang ditemukan, serta menunjukkan kebaruan temuan.

 

  1. SIMPULAN DAN SARAN

       Secara umum simpulan dan saran berisi kumpulan dan meringkas hasil yang paling penting dan implikasinya. Status masalah harus ditinjau secara singkat sebelum temuan baru dipresentasikan. Pembahasan dan kesimpulan bisa dikombinasikan setelah mempresentasikan temuan seseorang dan menguraikan arti pentingnya. Penulis biasanya menyimpulkan dengan melibatkan sejumlah ekstrapolasi, termasuk saran untuk penelitian di masa depan. Simpulan bukan rangkuman hasil penelitian dan menekankan pada temuan penting. Penulis bisa menyelaraskan dengan pernyataan tujuan penelitian, tidak perlu sistem nomor atau butir-butir. Buatlah generalisasi dengan hati-hati, tetapi perhatikan juga keterbatasan hasil temuan. Implikasi temuan dapat ditulis dan saran harus berkait dengan pelaksanaan atau hasil penelitian, artinya jangan mengada-ada dan harus dipertanggung jawabkan keberananya. Secara khusus simpulan dan saran berisi uraian sebagai berikut :

  • Simpulan dan saran ditulis dalam bentuk paragraf mengalir.
  • Simpulan dan saran berisi simpulan dengan perampatan yang meluas dari pembahasan hasil penelitian yang dituliskan dengan singkat dan jelas, menunjukkan kejelasan sumbangan temuan, pencetusan teori baru dan kemungkinan pengembangan penelitian yang bisa dilakukan kedepannya. Implikasi teoritis dan praktis yang dituliskan dalam paragraf mengalir.

 

  1. DAFTAR PUSTAKA
  • Penulisan dan penyusunan daftar pustaka harus baku dan konsisten dan menggunakan aplikasi pengutipan standar.
  • Penulisan dan penyusunan daftar pustaka menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote
  • Komposisi daftar pustaka memiliki derajat kemutakhiran bahan yang diacu pada rentang 10 tahun terakhir.
  • Derajat kemutakhiran bahan dalam Daftar pustaka yang diacu pada artikel ini memiliki proporsi > 80 % berasal dari sumber primer artikel riset nasional dan internasional.
  • Semakin tinggi pustaka primer yang diacu, semakin bermutu artikel yang ditulis dengan
  • Catatan keseringan penulis mengacu pada diri sendiri (self citation) dapat mengurangi penilaian.
  • Daftar pustaka yang ditulis hanyalah benar-benar yang dirujuk dalam artikel dan disusun secara alphabetis.
  • Penulisan daftar pustaka mengacu pada standar 1 spasi
  • Semua yang tertera dalam daftar pustaka harus dirujuk di dalam naskah
  • Kemutakhiran referensi sangat diutamakan

 

  1. SITASI
  • Cara pengacuan dan pengutipan menggunakan sistem yang Baku dan konsisten dan menggunakan aplikasi pengutipan standar. Seperti Aplikasi Mendeley, dll.
  • Sitasi dalam kulit muka artikel mengacu pada format atau standar Hardvard 1.

 

  1. INSTRUMEN PENDUKUNG
  • Instrumen Pendukung. Instrumen pendukung dikembangkan secara informatif dan komplementer.

 

  1. PENULISAN RUMUS
  • Rumus matematika ditulis secara jelas dengan Microsoft Equation atau aplikasi lain yang sejenis
  • Menuliskan sumber dan tahun rumus secara lengkap dari tabel yang disajikan.

 

  1. PENULISAN TABEL
  • Penulisan Tabel dilengkapi dengan nomor tabel dengan angka arab (1, 2, 3, dst. bukan i, ii, iii, dst.). tanpa garis batas kanan atau kiri
  • Tabel harus memiliki judul di bagian atas tabel.
  • Judul tabel ditulis dibagian atas tabel dengan posisi rata tengah (center justified)
  • Menuliskan sumber dan tahun data secara lengkap dari tabel yang disajikan.

 

  1. CONTOH PENULISAN DAFTAR PUSTAKA:
  • Penulisan dan penyusunan daftar pustaka harus baku dan konsisten dan menggunakan aplikasi pengutipan standar. Seperti Aplikasi Mendeley, dll.
  • Penulisan daftar pustaka mengaju pada format atau standar American Psyicological Association (APA) Style dan Vancouver.
  • Berikut berbagai contoh penulisan daftar pustaka menggunakan aplikasi mendeley dengan format American Psycological Association (APA) 6th Edition